JellyPages.com

Minggu, 01 Mei 2016

Diary Muslimah 3



23 April 2016
REOR dan PELANTIKAN PENGURUS FKMB

 Subhaanallaah .. Semangat baru itu muncul saat dalam acara FKMB. Teringat pesan-pesan dari mas Ckamim penasehat FKMB, mantan presiden kampus, aktivis, pendiri Boyolali Reform Institute sekaligus sahabat PMII. Bahwa dalam hidup ini kita harus mempunyai 3 kunci kehidupan, yaitu LURUSKAN NIAT, IKHTIAR SECARA SEMPURNA dan TAWAKAL. Biasanya, orang-orang itu kebanyakan niat langsung tawakal tapi lupa ikhtiar secara sempurna. Ibarat kita pengen haji tapi Cuma pasrah saja sama Allaah yang ada keingininan itu keburu disabet orang. Jadi ikhtiarnya juga perlu, dengan apa ? Nabung dan amal sholih. Jika diambil contoh dari mahasiswa, kita mempunyai keinginan ber-IPK cumlaude tapi Cuma berpangku tangan tanpa usaha. Mana mau si hasil terbaik itu welcome sama kita. Bukankah sering dikatakan bahwa hasik terbaik itu tidak akan mengingkari usaha kita? Nah, lagi-lagi, ikhtiar itu penting. Terkonsep kan lebih enak daripada menunggu hasil yang tak pasti ? Setidaknya kalau kita sudah usaha maksial, hasilnya tidak akan jauh-jauh kok dari usaha kita, karena Allaah itu menghargai setiap usaha hamba-Nya.
Lalu masuk ke sesi pertanyaan, aku yang sudah mempunyai amunisi pertanyaan langsung saja angkat tangan dan angkat suara. “Bagaiman cara kita membuktikan bahwa kita bisa menggapai mimpi-mimpi kita kepada orang yang meremehkan kita?” Mas Ckamim tidak langsung menjawab, tapi ia melatih setiap anggota untuk mengutarakan konsep mimpi masing-masing. Ada yang mengartikan mimpi itu adalah harapan, khayalan, imajinasi, sesuatu yang harus dicapai, dll. Sampai pada giliranku, aku menjaab bahwa mimpi itu adalah saat Allaah mengatakan “ya” untuk mimpi itu bisa aku capai.. lanjut gilirannya mas Ckamim mengutarakan konsep mipinya dengan simpel, “Mimpi itu sesuatu yang sangat tidak bisa membuatku tidur.” Setelah itu, mas Ckamim mulai menjawab pertanyaanku, “Ya … buktikan saja, jangan peduli sama omongan orang lain. Memang biasanya, orang yang pengen sukses itu ada saja yang tidak menyukainya. Jadi intinya, fokus pada mimpimu dan jangan berkubang hanya sama omongan orang. Bisa-bisa nanti malah mematikan semangatmu. Cari motivasi dari sekelilingmu. Biasanya orang yang suka mencemooh usaha orang lain itu karena ia tidak melakukannya.”
Memang, setiap kita harus mempunyai konsep mimpi lalu percaya pada kekuatan mimpi itu sendiri, ikhtiar sebagai sarana kita untuk menggapai mimpi itu serta mulut yang tak penah berhenti untuk berdo’a. Semangat J
FKMB Bergerak … !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar